Selasa, 07 Januari 2014

TUGAS 10 ( Isu Etika Signifikan dalam Dunia Bisnis dan Profesi )

BENTURAN KEPENTINGAN
            Benturan kepentingan adalah perbedaan antara kepentingan ekonomis perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan. Perusahaan menerapkan kebijakan bahwa personilnya harus menghindari investasi, asosiasi atau hubungan lain yang akan mengganggu, atau terlihat dapat mengganggu, dengan penilaian baik mereka berkenaan dengan kepentingan terbaik perusahaan. Kategori situasi benturan kepentingan (conflict of interest) tertentu, sebagai berikut:
1)        Segala konsultasi atau hubungan lain yang signifikan dengan atau berkeinginan mengambil andil di dalam aktivitas pemasok, pelanggan atau pesaing (competitor).
2)        Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.
3)        Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada      
            hubungan keluarga (family) atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh
            personal tersebut,
4)         Segala penggunaan pribadi maupun berbagai atas informasi rahasia perusahaan
            demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual
            barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia  
            tersebut,
5)        Segala penerimaan dari keuntungan, dari seseorang / organisasi / pihak ketiga
           yang berhubungan dengan perusahaan
                             
ETIKA  DALAM TEMPAT KERJA
            Ada dua hal yang terkandung dalam etika bisnis yaitu kepercayaan dan tanggung jawab. Kepercayaan diterjemahkan kepada bagaimana mengembalikan kejujuran dalam dunia kerja dan menolak stigma lama bahwa kepintaran berbisnis diukur dari kelihaian daya saing. Sedangkan tanggung jawab diarahkan atas mutu output sehingga insan bisnis jangan puas hanya terhadap kualitas kerja yang asal-asalan.Dalam pandangan rasional tentang perusahaan, kewajiban moral utama pegawai adalah untuk bekerja mencapai tujuan perusahaan dan menghindari kegiatan-kegiatan yang mungkin mengancam tujuan tersebut. Banyak etika yang berlaku di tempat kerja, namun ada beberapa yang perlu Anda cermat:
1)      Menghormati Budaya Kerja Perusahaan Anda.
2)       Hormat Senior Anda dan lakukan sebagaimana mestinya tanpa bersikap
           berlebihan.
3)      Hormati Cara Pandang Orang Lain.
4)       Tangani Beban Kerja Anda
5)      Bersikap Sopan Pada Semua Orang Di Kantor.
6)      Tidak Semena-mena Menggunakan Fasilitas Kantor

AKUNTABILITAS SOSIAL
            Tujuan Akuntanbilitas Sosial, antara lain :
·        Untuk mengukur dan mengungkapkan dengan tepat seluruh biaya dan manfaat bagi masyarakat yang ditimbulkan oleh aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan produksi suatu perusahaan
·        Untuk mengukur dan melaporkan pengaruh kegiatan perusahaan terhadap lingkungannya, mencakup : financial dan managerial social accounting, social auditing.
·        Untuk menginternalisir biaya sosial dan manfaat sosial agar dapat menentukan suatu hasil yang lebih relevan dan sempurna yang merupakan keuntungan sosial suatu perusahaan.



Manajemen Krisis

           Manajemen krisis adalah respon pertama perusahaan terhadap sebuah kejadian yang dapat merubah jalannya operasi bisnis yang telah berjalan normal. Artinya terjadi gangguan pada proses bisnis ‘normal’ yang menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada, dan dengan demikian dapat dikategorikan sebagai krisis.Kejadian buruk dan krisis yang melanda dunia bisnis dapat mengambil beragam bentuk. Mulai dari bencana alam seperti Tsunami, musibah teknologi (kebakaran, kebocoran zat-zat berbahaya) sampai kepada karyawan yang mogok kerja. Segala kejadian buruk dan krisis, berpotensi menghentikan proses normal bisnis yang telah dan sedang berjalan, membutuhkan penanganan yang segera (immediate) dari pihak manajemen. Penanganan yang segera ini kita kenal sebagai manajemen krisis (crisis management).


Saat ini, manajemen krisis dinobatkan sebagai new corporate discipline. Manajemen krisis adalah respon pertama perusahaan terhadap sebuah kejadian yang dapat merubah jalannya operasi bisnis yang telah berjalan normal. Pendekatan yang dikelola dengan baik sebagai respon terhadap kejadian itu terbukti secara signifikan sangat membantu meyakinkan para pekerja, pelanggan, mitra, investor, dan masyarakat luas akan kemampuan organisasi melewati masa krisis.

















































Sumber :
http://jurnalmasbro.wordpress.com/2013/11/09/isu-etika-signifikan-dalam-dunia-bisnis-dan-profesi/
kamus populer istilah investasi Oleh Taufik hidayat
"BISNIS" edisi 8 , Jilid I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar